Friday, October 18, 2013

Ubuntu 13.10 Saucy Salamender (Ubuntu Touch) Telah Resmi Tersedia Untuk Smart Phone

Jangan heran kalau sebentar lagi selain Android akan banjir hape-hape murah dengan sistem operasi Ubuntu. Sudah lama sekali sejak pertama kali disebutkan oleh punggawa canonical Mark Shuttleworth mengenai akan hadirnya sistem operasi Ubuntu pada perangkat smartphone, akhirnya berita itu terwujud juga. Hari ini secara resmi ubuntu 13.10 saucy salamender atau lebih akrab dengan sebutan ubuntu touch dinyatakan siap digunakan pada perangkat smartphone.

Untuk rilis pertama ini Ubuntu lebih mengutamakan pengenalan pada developer dan pabrikan yang ingin menggunakan OS ini pada hardware mereka. Sayangnya saat ini masih belum ada link resmi untuk software nya, tetapi jika anda mengikuti proses instalasi seperti biasanya, anda akan mendapatkan rilis terbaru. Hari ini, rilis pertama siap untuk didistribusikan pada pabrikan, dan ketika hardware pertama dengan sistem operasi ubuntu touch ini siap untuk dilaunching Canonical akan mendirikan sebuah software center untuk smartphone pada waktu yang bersamaan. Sementara itu, Canonical akan berkonsentrasi pada bug fix dan optimasi untuk tablet yang mana direncanakan akan selesai pada april 2014 (ubuntu 14.04).

Secara resmi, ubuntu touch ini mendukung untuk galaxy nexus, nexus 4, nexus 7 (2012), dan nexus 10. Tetapi komunitasnya telah membuat OS ini support untuk perangkat lain seperti Samsung Galaxy S, Galaxy S II, Galaxy S III, Galaxy Note, and Galaxy Note II. The power of open source community.



Bagaimana apakah anda tertarik dengan smartphone ber-OS ubuntu?

No comments:

Post a Comment