Sunday, October 20, 2013

Pilih iPhone 5s Atau Samsung Galaxy Note 3?

Bagi anda yang sedang galau ingin beli smartphone iPhone 5s atau Samsung galaxy Note 3 berikut ini adalah artikel yang akan mengulas perbandingan dari kedua hape ini dilengkapi dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Desain

Sebenarnya tidak ada yang baru dari desain kedua hape pintar ini. iPhone 5s mengusung desain dari pendahulunya sedangkan Samsung Galaxy Note 3 didesain lebih halus dibagian belakangnya. Desain bagian belakang iPhone 5s terlihat lebih premium dengan casing alumunium. Dilihat dari ukurannya, iPhone 5s lebih pas ditangan sedangkan Samsung Galaxy Note 3 lebih besar dan agak susah untuk digenggam.

Salah satu fitur unggulan dari iPhone 5s adalah adanya sensor finger print biometric touch ID, yang mana fitur ini sangat akurat dan memberikan pilihan keamanan yang cukup baik.



Ukuran iPhone 5s: 4.87 x 2.31 x 0.3 inches 123.8 x 58.6 x 7.6 mm 3.95 oz (112 g)
Ukuran Samsung Galaxy Note 3: 5.95 x 3.12 x 0.33 inches 151.2 x 79.2 x 8.3 mm 5.93 oz (168 g)

Layar

Terdapat perbedaan yang cukup besar dilihat dari sisi ukuran layar kedua smartphone ini. Samsung Galaxy Note 3 berukuran 5,7 inci sedangkan iPhone 5s berukuran 4 inci. Lebih detailnya adalah 640 x 1136 retina display pada iPhone 5s, dan 5,7 inci 1080x1920 (1080p) Super AMOLED pada Samsung galaxy Note 3. Secara teori gambar akan terlihat lebih detail pada Note 3, tetapi perbedaan kedetailan ini hanya akan terlihat jika anda melihatnya sangat dekat, karena mata kita tidak besa membedakan antara keduanya pada pandangan normal.

Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Untuk kondisi diluar ruangan iPhone 5s lebih bagus, tetapi untuk kekayaan warna jelas Galaxy Note 3 yang menang. Sebagai informasi, ada teknologi baru yang disematkan pada Samsung galaxy Note 3 yaitu kemampuan layarnya yang mampu melakukan tracking dari jari kita atau dengan S Pen saat kita melakukan hovering (menggerakkan jari atau S Pen di atas layar tanpa menyentuhnya). Sehingga fungsi ini sama dengan fungsi mouse pada komputer.

Tampilan dan Fungsionalitas

Apple telah menyelesaikan pekerjaan rumah mereka untuk masalah tampilan dengan hadirnya iOS 7 yang memiliki tampilan lebih modern dan penambahan beberaa fungsionalitas dari pendahulunya. Secara visual kami menganggap tampilan yang ditawarkan TouchWiz Nature UX lebih baik, yang berjalan di atas Android 4.3 Jelly Bean pada Note 3. iOS 7 lebih fokus pada detail bagian-bagian kecil sedangkan TouchWiz lebih ke tampilan kartun.

tampilan iPhone 5s
tampilan Samsung Galaxy Note 3
Prosesor dan Memori

Kedua-duanya adalah termasuk hape kelas high-end sehingga wajar untuk hardware keduanya cukup bagus. untuk iPhone 5s menggunakan dual core 1.3GHz Apple A7 prosesor, yang berbasis pada arsitektur 64bit, sesuatu yang cukup unik di belantara smartphone. Sedangkan pada Samsung galaxy Note menggunakan quad-core 2.3GHz qualcomm snapdragon 800 SoC coupled dengan RAM 3GB, dan GPU Adreno 330.

Untuk media penyimpanan seperti biasa anda tidak bisa menambahkan external memori pada iPhone sehingga anda harus memilih diantara 3 pilihan iPhone 5s yaitu 16GB, 32GB atau 64GB. Sedangkan ada Note 3 defaultnya adalah 32GB tetapi anda bisa menambahkan sendiri dengan microSD.

Kamera

Berikut ini adalah tampilan software kamera pada iPhone 5s dan samsung galaxy note 3.

fitur kamera pada iPhone 5s
fitur kamera pada Samsung Galaxy Note 3
Secara spek kamera pada iPhone 5s kalah jauh dengan kamera pada Samsung Galaxy Note 3 yang 13 megapixel, sedangkan pada iPhone 5s hanya 8 megapixel.

Multimedia

Meskipun datang dengan desain iOS versi terbaru tetapi kami tidak menemukan adanya perbedaan yang lebih baik dari tampilan dan fungsionalitas pada pemutar musik dari iPhone 5s, masih lebih bagus pada Samsung Galaxy Note 3.

Pemutar musik pada iPhone 5s

Pemutar musik pada samsung galaxy note 3
Batere

Menarik sekali, Galaxy Note 3 menwarkan kita kemampuan batere yang lebih awet dari iPhone 5s. Untuk penggunakan normal samsung galaxy note3 mampu bertahan 2 hari penuh, sedangkan pada iPhone 5s hanya mampu seharian saja. 

No comments:

Post a Comment