Thursday, October 17, 2013

Review LG G Pad 8.3

Bagi anda yang ingin membeli tablet, mungkin perlu mepertimbangkan untuk membeli tablet besutan LG ini. Memang di pasar tablet LG termasuk pemain baru, meskipun sebenarnya perusahaan ini sudah pernah mengeluarkan tablet di tahun 2011 yaitu optimus pad dan G-slate yang hanya dipasarkan di US. Setelah itu di tahun 2012 LG mengeluarkan tablet lagi yang merupakan update dari optimus, Optimus Pad LTE, dengan fitur andalanya yaitu kamera 3D.

Setelah lama absen tidak mengeluarkan tablet baru lagi, akhirnya kali ini LG mencoba lagi peruntungan di pasar tablet. Perusahaan korea selatan ini akan mengeluarkan tablet baru bernama G Pad 8.3. Tablet dengan ukuran sedang dengan kualitas premium yang akan menjadi saingan berat bagi Apple iPad mini dan Samsung Galaxy Note 8.0.

Desain LG G Pad 8.3

LG mendesain tablet G Pad 8.3 ini dengan sentuhan yang cukup indah. Singkatnya LG G Pad 8.3 ini adalah tablet premium dengan desain yang tipis dan sangat indah. ukuranya tidak terlalu kecil (8.54 x 4.98 x 0.33 inchi). Dengan design seperti itu membuat tablet ini cukup nyaman untuk dipegang/ditenteng dan sangat ringan namun tidak terlalu kecil untuk navigasi. Hampir semua bagian belakangnya terbuat dari alumunium, sehingga mirip dengan iPad mini. Desain high-end dari tablet ini juga terlihat dari tombol-tombolnya. Untuk charge nya menggunakan microUSB seperti pada tablet umumnya. Terdapat slot microSD on board juga sehingga anda tidak perlu kawatir jika membutuhkan storage yang besar. Sekedar info, tablet ini tidak support untuk infrared, tetapi anda tidak perlu kawatir karena sekarang sudah jarang sekali kita menggunakan infrared atau bahkan tidak pernah.



Display LG G Pad 8.3

LG memproduksi tablet G Pad 8.3 ini dengan layar yang ciamik punya. Layarnya yang 8.3 inchi lebih besar dari iPad mini yang hanya 7.9 inchi. Ini merupakan salah satu kelebihannya, selain itu resolusinya adalah 1200 x 1920 dengan density 273 ppi. Sebagai perbandingan, iPad mini hanya densitiy-nya hanya 162 ppi (kalah jauh), dan Galaxy Note 8.0 one hanya 189 ppi (mediocre).






Fungsionalitas dan Tampilan

Menggunakan OS Android 4.2.2 tampilan dari LG G Pad 8.3 ini cukup clean dan sangat cantik. Secara fungsionalitas tidak ada perbedaan yang cukup signifikan dari tampilannya. Masih standar. Silahkan lihat screenshot berikut ini.


Prosesor & Memori

LG G Pad 8.3 diproduksi dengan prosesor qualcomm snapdragon 600 chipset (quad-core cpu clocked di 1.6 GHz), bukan 800. Tentu saja akan lebih keren jika prosesornya yang 800, tapi dengan 600 saya rasa sudah cukup oke. Nilai plusnya tentu saja baterenya lebih tahan lama dibanding yang 800.

Dengan prosesor snapdragon 600 berarti chip graphic on board-nya adalah Adreno 320, cukup mumpuni, meskipun tidak secepat Adreno 330. Dari testing yang dilakukan performanya cukup baik, saya rasa tidak akan ada masalah jika ada update android berikutnya.

Untuk RAM cukup besar yaitu 2 GB, sedangkan untuk penyimpanan internal 16 GB dengan tambahan slot microSD jika masih kurang besar.

Score benchmark dengan menggunakan antutu untuk LG G Pad 8.3 ini adalah 25254, sedangkan untuk samsung galaxy tab 3 8 inch hanya 8987, kalah jauh.

Kamera LG G Pad 8.3

Untuk kamera tidak ada yang spesial, 5MP, kecil memang tetapi tidak terlalu mengagetkan karena memang devicenya adalah kategori tablet dan tablet memang fungsi utamanya tidak diperuntukan untuk memotret. Untuk bagian depan kameranya berukuran 1.3 MP. Untuk interface/tampilan aplikasi kameranya cukup mudah dipahami. Ada banyak menu yang bisa anda custom diantaranya brightness, mode fokus, ukuran gambar, ISO, white balance, efek warna, dan lain-lain. Anda juga bisa memilih beberapa mode built-in sesuai dengan kondisi anda memotret misalnya panorama,sport, beauty shot, continues shot dan masih banyak lagi. Hasil jepretanya juga cukup bagus, anda bisa lihat di bawah ini.

Untuk video tablet ini bisa merekam 1920 x 1080 video pada kecepatan 30 fps. Hasilnya masih cukup bagus. bisa anda lihat di bawah ini hasilnya.





Batere

Untuk batere LG G Pad 8.3 dilengkapi dengan batere berkapasitas 4600 mAh yang mana hal ini adalah sama dengan baterai yang digunakan pada galaxy note 8.0. Sayang sekali LG sampai saat ini belum pernah mengeluarkan pernyataan resmi tentang berapa lama batere dapat bertahan dalam kondisi idle.

Kesimpulan

Secara umum tablet ini sangat keren, dengan desainnya yang premium membuat tablet ini cukup diperhitungkan dibanding dengan tablet android lainnya yang ada. Kelemahannya ada pada kamera, dan jaringan 3G/4G yang belum didukung.

No comments:

Post a Comment